Beranda > Konsultasi > rujuk dan talak

rujuk dan talak

Assalamualaikum Wr.Wb ustad

Saya adalah seorang wanita yg sudah menikah dan punya 1 org anak yg berumur 2,5 th. Saya dan suami tdk tinggal bersama sudah sjk sebulan sebelum anak kami lahir. Tp komunikasi kami via tlp dan sms masih tetap lancar. Tp tak jrg dalam komunikasi itu kami bertengkar. Sampai akhirnya(1 th stlah anak kami lahir) suami saya kirim sms yg isinya ” bilang sama mama mu klo kita udah cerai,aku jg blg ma kluarga ku”. Dua hari habis itu kita tlp lg dan baikan lg.yg saya tanyakan apakah sms suami saya itu menunjukan talak ustad?

Kemudian kami tlp n sms seperti biasa. Dan pertengkaran pun trjadi,suami anggap saya keras kepala,gak mau dibilangin.dan dia pun ngirimkan sms lg ke saya yg isinya..” kamu urus ajalah dirimu disana,akupun urus diriku disini”. Saya diamin aja sms suami ku itu.dua hari setelah itu dia nlp saya dlm keadaan yg sudah tenang.kami pun ngobrol lg seperti biasa lwt tlp.tp memang krn sifat suamiku yg keras,dan saya tdk suka dgn sifatnya yg sperti itu.lalu kami bertengkar lagi. Dan lg2 suamiku krim sms lg yg isinya” klo kamu tidak mau mengerti aku n tidak mau menuruti apa kata ku aku siap untuk lepas2″ aku pun mendiami aja sms suami ku itu ustad. Pertanyaan saya apakah sms2 suamiku itu sudah menunjukan jatuhnya talak?

Aku diamin aja sms suami ku itu krna memang aku tdk ada niat untk pisah.2,5 th sudah kami komunikasi lwt hp dan selalu ada pertengkaran.

Dan 2 minggu lalu kita tlp lg dan bertengkar lg( lg2 karna tdk ada kepercayaan suami kpd saya) dan akhirnya saya emosi dan bicar saya ndak sanggup lg,ceraikan saya. Tp suamiku diam saja tdk bicara apa2. Dan sayapun merasa bersalah tlh ucapkan itu.dan minta maaf sma suami dan berjanji tdk ucapkan itu lg. Kita baikan lg. Dua hr stlah itu kita tlp lg dan bertengkar lg,saat bertengkar saya tdk ada menyinggung tntg cerai ustad. Tp suamiku krim sms ” klo memang mau mu kita cerai,ya lah”. Tapi aku ndak da niat n kemauan untk bercerai ustad.Pertanyaan ku uztad apakah itu dah bikin kami cerai? mohon jawabannya dr permasalahan kami ini ustad.

Terimakasih sebelumnya ustad

Wassalamualaikum wr.wb

Jawaban :

  1. Saat bayi anda berusia 1 tahun, suami mengirim sms yang isinya seperti ini : “Bilang sama mama mu klo kita udah cerai, aku jg blg ma kluarga ku.” Apakah sms tsb sudah jatuh talak ? jawabnya adalah : Iya. Seorang suami yang menjatuhkan talak istrinya via SMS adalah sah. Dengan demikian jatuhlah talak 1 oleh suami kepada anda istrinya. Talak 1 dan 2 disebut juga denga Talak Raj’i, yaitu talak yang membolehkan suami anda melakukan ruju’ selama anda masih dalam masa iddah Talak Raj’i, yaitu 3 kali suci terhitung suami menjatuhkan talak.
  2. Permasalalahannya, apakah suami anda sudah rujuk setelah dia mentalak anda vbia SMS tersebut ? dari paparan yang anda sampaikan sampai akhir, saya tidak menemukan sedikitpun pernyataan suami anda baik via SMS atau pun pembicaran anda berdua ditelpon bahwa beliau menyatakan ruju’. Dengan demikian, masa Iddah Talak 1 suami anda sudah habis atau sudah lewat tentunya. Dengan habisnya masa iddah anda dan suami tidak ruju’, maka terhitung saat itu pula anda sudah resmi menjadi janda. Lalu, apakah suami anda bisa Rujuk ? ya tentu tidak bisa karenma masa iddah anda sudah habis. Jika anda berdua berkeinginan untuk kembali berama, maka yang harus dilakukan adalah NIKAH ULANG. Apa itu nikah ulang ? ya nikah seperti biasa sebagaimana anda dulu menikah. Tentu harus ada wali nikah, anda (calon istri, calon suami, dua saksi dan ijab qabul dan ada juga mahar.

Demikian.

Wallahu a’lam.