Beranda > Konsultasi > Membersihkan diri dari harta haram

Membersihkan diri dari harta haram

Assalamualaikum.
Saya ingin bertanya mengenai cara membersihkan harta saya yang saya baru sadari ternyata tidak halal. Saya membuka usaha servis komputer, dan setelah berjalan satu tahun, saya menyadari bahwa servis instal ulang Windows yang saya gunakan adalah termasuk mendzhalimi orang lain, karena yang saya gunakan adalah bajakan. Saya telah membaca bahwa cara untuk membersihkannya adalah dengan meminta maaf dan mengembalikan uang tersebut kepada pemiliknya. Pada kasus ini saya bingung bagaimana cara mengembalikannya, karena ada 4 perusahaan yang softwarenya saya gunakan bajakannya, yaitu Microsoft, Corel, Adobe, dan Tonec; sedangkan seluruh perusahaan tersebut tidak dapat saya jangkau/sangat sulit untuk menjangkaunya. Bagaimana cara membersihkan pendapatan haram tersebut ya ustadz?

Jawaban :

Wa alaikumus salam wr wb.

Anda patut bersyukur karena Allah telah menyadarkan anda untuk tidak menzhalimi orang lain dan ternyata sangat sulit b erhubungan dengan pihak yang dizhalimi.  Sabda Rasulullah SAW dalam sebuah hadits :

عَنْ أَبِي ذَرّ جُنْدُبْ بْنِ جُنَادَةَ وَأَبِي عَبْدِ الرَّحْمَنِ مُعَاذ بْن جَبَلٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا عَنْ رَسُوْلِ اللهِ صلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : اِتَّقِ اللهَ حَيْثُمَا كُنْتَ، وَأَتْبِعِ السَّيِّئَةَ الْحَسَنَةَ تَمْحُهَا، وَخَالِقِ النَّاسَ بِخُلُقٍ حَسَنٍ

)رواه الترمذي(

Dari Abu Dzar bin Junadah dan Abu Abdurrahman Muadz bin Jabal radhiyallahu’anhuma, dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam beliau bersabda, “Bertakwalah kepada Allah di mana pun engkau berada. Iringilah kejelakan dengan kebaikan, niscaya kebaikan tersebut akan menghapuskannya. Dan bergaullah dengan manusia dengan akhlak yang baik.” (HR. Tirmidzi)

Berbuatlah kebaikan sebanyak-banyaknya sebagai penghapus amal-amal keburukan yang pernah dilakukan. Dengan banyak berbuat kebaian, In sya Allah dosa-dosa anda terhapus dan memotivasi anda untuk terus memperbaiki diri.

Wallahu a’lam.