Beranda > Konsultasi > Pengobatan

Pengobatan

Assalamualaikum ustadz saya mau tanya saya pernah berobat kepada ustadz yang dimana metode pengobatannya itu diurut dan di beri air doa, nah sebelum air didoakan , si ustadz td tanya nama saya dan ayah saya barulah air tsb didoakan . pertanyaan nya apakah ini termasuk praktek dukun / bukan ?

Jawaban :

Wa alaikumus salam wr wb.

Dari paparan anda, pengobatan yang dilakukan oleh sang ustadz disebut dengan ruqyah. Ruqyah adalah metode pengobatan dengan cara membacakan do’a –do’a terntu. Ruqyah terbagi dua, ada yang syar’iyah (yang dibolehkan dengan syari’ah), yaitu dengan membacakan shalawat, ayat –ayat al-qur’an, do’a-do’a yang baik dst. Yang tidak diperbolehkan adalah ruqyah yang tidak jelas. Jampi-jampi atau bacaan-bacaan yang maknanya mengandung kemusyrikan jelas haram hukumnya.

Sebagaimana yang anda tanyakan, kami berkeyakinan bahwa yang dilakukan leh sang ustadz adalah ruqyah syar’iyah yang status hukumnya adalah mubah (boleh). Ada pun beliau meminta anda menyebutkan nama anda dan nama orang tua anda adalah perkara wajar dan bukan kesyirikan. Beliau memohon kepda Allah agar anda segera disembuhkan dengan menyebut nama anda dan ayah anda sebagaimana layaknya kaum muslimin menyebut nama seseorang dengan sisertai nama ayahnya seperti Fulan Bin Fulan.

Wallahu a’lam.