Beranda > Kategori > Ustadz Menjawab > Takdir baik atau buruk ?

Takdir baik atau buruk ?

Pertanyaan :

Assalamu’alaikum wr.wb Ustadz

saya membaca di hadits Al-bukhari nomor 6596 yang intinya bahwa Rasulullah saw bersabda “Setiap orang akan melakukan perbuatan sesuai dengan apa yang telah diciptakan atau yang telah dimudahkan untuknya.” (bila ditakdirkan akan masuk surga, seseorang akan cenderung berbuat baik. Bila ditakdirkan akan masuk neraka, seseorang akan cenderung berbuat jahat).
itu maksudnya gimana ya ustadz? bisa minta tolong penjelasannya?

terimakasih

lita

Jawaban :

Wa alaikumus salam wr wb.

Jika dilihat secara zhahir tekstual dari hadis tesebut, tentu dapat difahami bahwa:

  1. Allah menciptakan takdir, baik buruk maupun baik, syurga atau neraka dsb.
  2. Allah memudahkan hamba untuk menjalankan takdirnya.
    Tapi perlu iingat bahwa setiap orang tidak akan tahu takdir apa yang menimpanya, apakah baik atau buruk ? Karena tidak tahu, maka kita sebagai hamba hanya menjalankan perintah secara zhahir. Contoh : Allah memerintahkan kita shalat. Lalu kita berusaha semaksimal mungkin untuk shalat dengan baik sesuai syarat dan rukunnya. Setelah kita shalat sesuai perintah, apakah kita tahu shalat kita diterima ? Wallahu a’lam.

Tegasnya, kita sebagai hamba Allah berkewajiban menjalankan perintah secara zhahir dan menyerahkan hasilnya (taqdirnya) kepada Allah. Ingatlah bahwa Allah tidak akan mengingkari janji-Nya. Artinya, Allah memberi ganjaran berupa syurga dan kebaikan bagi hamba yang taat.

Wallahu a’lam

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *