Beranda > Berita & Kegiatan > Pusat Kajian Hadis Luncurkan Situs Warungustad.com

Pusat Kajian Hadis Luncurkan Situs Warungustad.com

warungustad

Alhamdulillah, pujian yang tertinggi selalu kita pujikan kepada Allah, Tuhan yang Maha Mendengar, Maha Melihat dan Maha Mengetahui. Allah yang telah Mengajarkan manusia apa yang mereka tidak ketahui.

Salawat dan salam semoga selalu tercurah untuk nabi Muhammad, sahabat dan kerabatnya, serta para pengikutnya sampai akhir zaman.

Mencari ilmu adalah media bagi seseorang untuk meningkatkan dan meninggikan derajatnya, baik secara ukhrawi maupun duniawi. Dengan ilmu orang jadi tahu, dengan ilmu orang jadi bisa, dengan ilmu orang bisa jadi hebat, dengan ilmu orang bisa melakukan sesuatu yang sebelumnya dia katakan bahwa itu tidak bisa. Dengan ilmu orang jadi bisa mengenal Allah, dengan ilmu orang bisa beribadah dengan benar, dengan ilmu orang bisa menjadi lebih betaqwa kepada Allah dan lebih dekat denganNya.

Ilmu bisa didapat melalui berbagai media, formal maupun non formal. Di era informasi seperti sekarang ini, media non formal sudah sedemikian luasnya, mudah, terbuka dan canggih. Satu dari yang bisa digunakan adalah audio visual. Youtube mempelopori dan mengembangkan teknologi ini dengan baik sekali. Meski youtube dapat menampilkan vidio apa saja, namun alhamdulillah, media ini bisa juga dijadikan media dakwah, belajar dan mengajar.

Tim Pusat Kajian Hadis melihat dan menyaksikan bahwa banyak sekali vidio dakwah bertebaran dan berserakan disana. Sebagai media terbuka, seringkali gambar kebaikan bersandingan dengan gambar kemungkaran. Menghindari hal itu, harus ada saringan dan klasifikasi sehingga apa yang seharusnya tidak terlihat, ya betul tidak terlihat.

Berangkat dari ide itu, dibuatlah WARUNG USTAD.COM. situs ini mencoba untuk mengumpulkan, lalu memilah dan menyusun ulang berdasarkan dua katagori besar:

Dakwah Berbahasa Indonesia – Dakwah Berbahasa Arab

Untuk yang berbahasa Indonesia, kumpulan ini dinamakan dengan Da’i Indonesia. Sedangkan untuk yang berbahasa Arab, kumpulan ini dinamakan dengan Ulama Dunia.

Da’I Indonesia

Group ini dibagi menjadi 4: Berdasarkan Ustadz, Ustazah, Motivator dan Tema.

Di sisi ustadz, kami berusaha untuk merangkum semua da’i Indonesia yang filenya  ada youtube, tentu dengan syarat isi kajiannya tidak bertentangan dengan ajaran agama islam Ahlli Sunnah wa al-Jama’ah dan tidak menyebarkan rasa kebencian antar ummat Islam.

Di sisi ustadzah, meski masih sangat minim, kami juga melakukan hal yang sama dengan persyaratan ustadz.

Di Bagian Motivator, kami sengaja memilahnya karena ketika kami menggabungkan dengan ustadz, kami mendapatkan kritikan dari beberapa pengguna. Lalu, tema yang kami pilih juga yang sesuai dengan ajaran islam.

Di bagian tema, kami mencoba memilahnya dengan dengan tiga saringan: Tema Besar, Sub Tema dan Tema kecil yang diambil dari judul di youtube. Kesulitannya terjadi ketika satu ceramah mengandung lebih dari dua pokok bahasan. Untuk hal seperti ini, kadang kami mengulang ceramah tsb di dua tema, atau kami hanya mengambil satu tema saja yaitu sesuai dengan tema besarnya. Sedangkan Bagi tema yang tidak berinduk pada tema yang sudah ada, kami menaruhnya di Lain-lain.

Ulama Dunia

Untuk laman Ngaji Bareng Ulama Dunia, kami membaginya menjadi tiga:

Ulama yang menjadi narasumber, Tema Kajian dan Kitab yang dikaji.

Pada bagian tema kajian, jika kajian berupa pembacaan kitab dengan penjelasannya, maka kitabnya akan masuk pada sub tema ilmu dari isi kitab. Sebagai contoh, Pengajian Kitab Tadrib al-Rawi akan masuk di sub Ilmu Hadis.

 

Referensi

Semua file yang kami muat di sini adalah diambil dari youtube. Artinya, kami sama sekali tidak merekamnya dan tidak menguploadnya. Kami hanya mengumpulkan apa yang ada di data youtube lalu kami memilah dan mengklasifikasi. File-file ceramah tsb tidak kami simpan di server kami, akan tetapi semua tersimpan di youtube. Wal hasil, isi ceramah tidak ada yang kami edit. Kami hanya memudahkan orang untuk menemukan file yang ingin dilihat.

2 thoughts on “Pusat Kajian Hadis Luncurkan Situs Warungustad.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *