Beranda > Berita & Kegiatan > Pelatihan al-Qur’an dan Hadis Digital di Pesantren Lamongan

Pelatihan al-Qur’an dan Hadis Digital di Pesantren Lamongan

[pullquote]INSERT HERE[/pullquote]Rabu, 22 April 2015, PKH mengisi Pelatihan Al-Qur’an dan Hadis Digital di dua pondok pesantren yang berdomisili di Lamongan, Jawa Timur. Pada pagi hari sekitar pukul 10.00 WIB pelatihan tersebut dilaksanakan di Aula Pondok Pesantren Karangasem Muhammadiyah Paciran Lamongan Jawa Timur di bawah asuhan KH. Mufti Labib, MA. Pletaihan yang langsung dinarasumberi oleh Dr. Ahmad Lutfi Fathullah, MA ini diikuti oleh segenap Dewan Asatidz.

DSC_6633 (FILEminimizer)

Kyai Lutfi bersama Kyai Mufti Labib dan Dewan Asatidz

Para peserta begitu antusias mengikuti jalannya pelatihan. Selain mengenal Al-Qur’an Al Hadi dan Perpustakaan Digital yang diluncurkan PKH, nara sumber juga memperkenalkan karya-karya PKH lainnya. Di ujung pelatihan, nara sumber berharap agar para ustadz yang mengajar di pesantren bukan hanya memanfaatkan program digital, tapi juga mampu menciptakan karya-karya baru yang berbasic digital untuk pengembangan sumber daya pesantren.

Masih di pesantren yang sama, Kyai Mu’thi Labib meminta kesedian Kyai Lutfi untuk memberikan ilmu kepada para santri beliau. Tepatnya ba’dal Shalat maghrib Berjama/ah, Kyai Lutfi memberikan teknik mudah menghafal hadis dengan sanadnya. Walau pun dengan waktu yang terbatas, para santri sangat senang dan berhasil menghafal tiga hadis dengan sanad lengkap. Dan tentu saja ilmu yang diajarkan Kyai Lutfi ini menjadi kenangan tersendiri bagi para santri Pondok Pesantren Karangasem Muhammadiyah Paciran

DSC_6652 (FILEminimizer)

Kyai Lutfi mengajarkan teknik mudah mengahafal hadis dengan sanad lengkap
DSC_6659 (FILEminimizer)
Seorang santriwati sedang mendemokan hafalan hadis

Selepas Shalat Isya’, PKH bertolak ke Pondok Pesantren Al-Islah Sendanagung, Paciran, Lamongan, Jawa Timur. Pondok Pesantren yang diasuh oleh Drs. KH. Agus Salim ini berjarak sekitar 5 KM dari Pondok Pesantren  Karangasem Muhammadiyah Paciran. Setibanya di pesantren, Kyai Lutfi disambut hangat oleh para santri dan dewan asatiz. Walau pun acara dimulai agak larut malam, tidak menyurutkan Keluarga Besar Pondok Pesantren Al Islah untuk mengikuti jalannya pelatihan.

DSC_6672 (FILEminimizer)

Pengasuh Pondok Pesantren Al-Ishlah, Drs. KH. Agus Salim (tengah) memberikan muqaddimah dalam acara pelatihan

DSC_6688 (FILEminimizer)

Para santri dan asatidz tengah mengikuti jalannya pelatihan

Tak jauh berbeda dengan santri dan asatidz pesantren sebelumnya, para peserta terlihat senang dan bersemangat terutama dalam  forum tanya jawab. Mereka nampak kagum dengan produk-produk yang telah diluncurkan oleh PKH. Dan seperti biasanya, Kyai Lutfi selalu mengajak para santri dan asatidz untuk bekarya dan mengasah potensi yang dimiliki. “Untuk tahap pertama, Antum  bisa meng-upload ceramah atau ta’lim baik dari santri mau pun ustadz di Youtube dan kita link di warungustad.com. Sekali bekarya, akan lahir karya-karya Antum yang lain”, ujar Kyai Lutfi kepada para peserta.

Tak puas dengan paparan yang telah disampaikan, para peserta masih terus menyambung obrolan dengan Kyai Lutfi setelah acara usai .

DSC_6696 (FILEminimizer)

Dr. H. A. Lutfi Fathullah, MA bersama Dewan Asatidz Pesantren Al-Ishlah Lamongan

2 thoughts on “Pelatihan al-Qur’an dan Hadis Digital di Pesantren Lamongan

  1. Alhamdulillah, sebagai orang Lamongan saya bergembira dengan adanya pelatihan Alqur’an dan Hadis digital ini, ke depan hendaknya diadakan lagi pelatihan seperti ini dan kalo bisa diinfokan secara masif dan dapat diikuti oleh masyarakat umum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *