Beranda > Kategori > Ustadz Menjawab > Islam Radikal ?

Islam Radikal ?

Assalamualaikum wr wb, Ustadz
Saya ingin tahu tentang islam radikal.. akhir akhir ini di lingkungan saya seperti ada hal hal yang menuju ke arah radikal.. nah yang ingin saya ketahui :
1. pengertian lebih jelasdari islam radikal?
2. ciri ciri dari islam radikal itu seperti apa?
3.jika ada perkumpulan yang sepertinya mengarah ke aliran radikal, apa yang harus saya lakukan?
4. apakah islam radikal itu dibenarkan?
5. jika ada beberapa teman saya yang sudah terdoktrin islam radikal, sikap apa yang harus saya ambil? sedangkan kami satu kelas, saya merasa kasihan kepada mereka.. karena hal itu, kelas saya selalu berselisih paham dan setiap kali masalah muncul tidak ada penyelesaiannya..sedangkan mereka itu selalu merasa benar dan sudah keukeuh sekali dngan apa yang mereka anut Ustadz..
Ustadz, terimakasih atas ketersediaan Ustadz untuk menjawab pertanyaan saya, karena masalah ini cukup menguras fikiran dan hati. sedangkan posisi angkatan saya 3bulan lagi menempuh ujian, maaf mengganggu Ustadz..
Wassalamualaikum wr. wb.
Irena
Jawaban :

Wa alaikumus salam wr wb.

Sebetulnya dalam islam tidak ada islam radikal, islam konservatif, islam liberal dan lain-lain. Yang ada adalah islam yang satu, ummatan waahidatan. Islam yang sesuai dengan semangat dan selaras dengan Al Qur’an dan As Sunnah. Mungkin istilah-istilah di atas muncul dari orang-oirang di luar islam atau bisa juga dari kalangan islam sendiri yang merasa berbeda pemahaman dengan saudaranya sesama muslim.

Ada pun kesalahan dalam memahami ayat al qur’an maupun hadis nabi dalam masalah tertentu dan krusial yang dapat menimbulkan salah kesimpulan. Salah satu contoh misalnya dalam memahami perintah jihad. Jika salah memahaminya, maka akan timbul masalah serius yang mengakibatkan hilangnya nyawa orang dengan cara yang salah. Dengan pemahaman yang salah tentang jihad, bisa saja orang tersebut membenarkan tindakan teror bom di mana-mana atau yang lebih akrab dengan istilah terorisme. Hal ini jelas-jelas pemahaman yang menyesatkan. Mungkin orang-orang lebih suka menamakan kelompok ini dengan istilah “Islam Radikal”. Saya sendiri tidak sependapat dengan istilah tersebut, saya lebih suka mneyebut kelompok ini dengan istilah “Islam yang keliru dan menyesatkan”.

Apa yang harus dilakukan jika ada teman kita yang sudah terdoktrin dengan kelompok ini ?

1. Terus menasihatinya dengan sabar agar ia segera keluar dari kelompok tersebut

2. Ajak dia untuk bertanya kepada para ustadz yang ahli. Cara ini dilakukan agar dia memahami islam yang sebenarnya, bukan dari yang katanya ustad tapi teroris.

3. Mendo’akan agar ia menyadari kekeliruannya.

Wallahu a’lam

Ridwan PKH

Reply

– See more at: http://warungustad.com/tanya-jawab/#sthash.BID5kHmA.dpuf

One thought on “Islam Radikal ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *