Beranda > Kategori > Ustadz Menjawab > Do’a Agar Terlepas dari Lilitan Hutang

Do’a Agar Terlepas dari Lilitan Hutang

berdoa agar bebas hutang

Assalamualaikum ustadz,

saya saat ini sedang ada masalah besar yang sulit sekali saya selesaikan sendiri,saya adalah seorang perempuan 33 tahun yg menjadi tulang punggung keluarga,karena kebangkrutan keluarga saya karena ayah saya terjerumus ke dalam hal yg tdk baik,sejak saat itu kehidupan menjadi sangat berat bagi kami ustadz, hutang bertumpuk,masalah bertubi tubi,semampu dan sekuat saya saya berusaha tabah dan menjalaninya ustadz,namun rasanya sekarang ini saya sudah berada di limit kemampuan saya ustadz.

Saya terlilit masalah di kantor dimana saya harus membayar urusan saya itu dgn jumlah yg besar sebesar 250 juta,jika tdk maka saya akan dipenjarakan,saya jingung ustadz,saya sudah berusaha kesana kemari untuk meminta pertolongan,namun tdk satupun yg tergerak,pun saudara saya yg mampu.

Saya memikirkan banyak hal jika sampai saya harus penjara ustadz,masa depan saya,keluarga saya,namun rasanya sudah habis daya saya untuk bertahan,saya ingin pergi saja jauh meninggalkan semua ini,lari dari semua ustadz,sampai saya di hadapkan pada pilihan,dapat bantuan namun dgn kristenisasi,masya Allah ustadz,saya tidak ingin menggadaikan keimanan saya,tp adakah keajaiban dan pertolongan bagi saya untuk keluar dari masalah ini selain dengan cara seperti itu,saya sungguh tidak ingin dipenjara ustadz.

Saya sangat mohon petunjuk dan jawaban dr ustadz.. Terima kasih,wassalamualaikum

Jawab

Wa alaikumus salam wr wb.
Ada baiknya anda perhatikan hadis berikut :

[arabic-font]

عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ قَالَ:
((دَخَلَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ذَاتَ يَوْمٍ الْمَسْجِدَ فَإِذَا هُوَ بِرَجُلٍ مِنْ الْأَنْصَارِ يُقَالُ لَهُ أَبُو أُمَامَةَ فَقَالَ: يَا أَبَا أُمَامَةَ مَا لِي أَرَاكَ جَالِسًا فِي الْمَسْجِدِ فِي غَيْرِ وَقْتِ الصَّلَاةِ ؟ قَالَ: هُمُومٌ لَزِمَتْنِي، وَدُيُونٌ يَا رَسُولَ اللَّهِ، قَالَ: أَفَلَا أُعَلِّمُكَ كَلَامًا إِذَا أَنْتَ قُلْتَهُ أَذْهَبَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ هَمَّكَ، وَقَضَى عَنْكَ دَيْنَكَ ؟ قَالَ: قُلْتُ: بَلَى يَا رَسُولَ اللَّهِ، قَالَ: قُلْ إِذَا أَصْبَحْتَ، وَإِذَا أَمْسَيْتَ: اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ، وَقَهْرِ الرِّجَالِ، قَالَ: فَفَعَلْتُ ذَلِكَ فَأَذْهَبَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ هَمِّي، وَقَضَى عَنِّي دَيْنِي))
)) رواه ابو داود

[/arabic-font]

Abu Said Al-Khudhri radhiyallahu ’anhu bertutur: “Pada suatu hari Rasulullah shollallahu ’alaih wa sallam masuk masjid. Tiba-tiba ada seorang sahabat bernama Abu Umamah radhiyallahu ’anhu sedang duduk di sana. Beliau bertanya: ”Wahai Abu Umamah, kenapa aku melihat kau sedang duduk di luar waktu sholat?” Ia menjawab: ”Aku bingung memikirkan hutangku, wahai Rasulullah.” Beliau bertanya: ”Maukah aku ajarkan kepadamu sebuah do’a yang apabila kau baca maka Allah ta’aala akan menghilangkan kebingunganmu dan melunasi hutangmu?” Ia menjawab: ”Tentu, wahai Rasulullah.” Beliau bersabda,”Jika kau berada di waktu pagi maupun sore hari, bacalah do’a:

[arabic-font]

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ

[/arabic-font]

”Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari lilitan hutang dan kesewenang-wenangan manusia.” Kata Abu Umamah radhiyallahu ’anhu: ”Setelah membaca do’a tersebut, Allah berkenan menghilangkan kebingunganku dan membayarkan lunas hutangku.” (HR Abu Dawud 4/353)

Jika anda memerlukan teks doa tersebut dalam bahasa indosia :

Allahumma inni a’udzu bika minal Hammi wal hazan, wa a’udzu bika minal ‘ajzi wal kasal, wa a’udzu bika minal jubni wal bukhl, wa a’udzu bika min ghalabatid dain wa qahrir rijal.

Silakan baca do’a tersebut kapan saja dan disertai keyakinan kuat bahwa Allahg mengabulkan do’a anda.

Wallahu a’lam

21 thoughts on “Do’a Agar Terlepas dari Lilitan Hutang

  1. Saya sudah lama terlilit hutang sejak tahun 1990 sampai sekarang 2017, hutanh saya tidak semakin berkurang tetapi semakin menumpuk mencapai 150 Juta lebih. untuk itu mohon bantuannya.

  2. Alhamdulillah… akhir2 ini sy jg sering mengamalkannya,mudah2n kita di bebaskn dari segala hutang piutang dan semoga dilancarkn usaha dan rejekinya,aamiin,.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *